Cara Menghilangkan Spidol Permanen
Cara Menghilangkan Spidol Permanen

Cara Menghilangkan Spidol Permanen dari Berbagai Permukaan

Cara Menghilangkan Spidol Permanen dari Berbagai Permukaan | TrueBlueKentucky.Com –Ā Apakah Anda pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan karena spidol permanen? Misalnya, spidol permanen yang tidak sengaja menempel di baju, meja, dinding, atau bahkan kulit Anda.

Tentu saja, hal ini sangat mengganggu dan membuat Anda kesal. Spidol permanen adalah jenis pena dengan tinta yang sulit dihapus, karena mengandung pengencer non-polar. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan spidol permanen dari berbagai permukaan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan 5 cara menghilangkan spidol permanen dengan bahan-bahan rumahan yang mudah didapatkan. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

5 Cara Menghilangkan Spidol Permanen dari Berbagai Permukaan

1. Alkohol

Alkohol adalah salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan keras dan tak berpori, seperti kaca, plastik, atau logam. Alkohol dapat melarutkan tinta spidol permanen dan membersihkannya dengan cepat. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan alkohol, misalnya alkohol 70%, alkohol 90%, atau alkohol antiseptik yang biasa digunakan untuk membersihkan luka.
  2. Tuangkan sedikit alkohol ke atas kapas, kain bersih, atau tisu.
  3. Gosokkan kapas, kain, atau tisu yang telah dibasahi alkohol ke atas noda tinta spidol permanen dengan gerakan memutar hingga memudar.
  4. Ulangi langkah ketiga sampai noda tinta spidol permanen hilang sepenuhnya.
  5. Bersihkan permukaan yang terkena alkohol dengan kain lembab atau air bersih.

Jika Anda menggunakan alkohol antiseptik, pastikan Anda memilih yang tidak mengandung pewarna, karena bisa meninggalkan noda baru. Jika Anda menggunakan alkohol 90%, hati-hati karena bisa merusak permukaan yang terbuat dari plastik atau karet.

2. Cuka

Cuka adalah bahan dapur yang multifungsi, salah satunya adalah untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan berpori, seperti kayu, kertas, atau kain. Cuka mengandung asam asetat yang dapat mengikis tinta spidol permanen dan mengangkatnya dari permukaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan cuka putih, misalnya cuka masak atau cuka sari apel.
  2. Tuangkan sedikit cuka ke atas kapas, kain bersih, atau spons.
  3. Tempelkan kapas, kain, atau spons yang telah dibasahi cuka ke atas noda tinta spidol permanen dan diamkan selama beberapa menit.
  4. Gosokkan kapas, kain, atau spons dengan lembut ke atas noda tinta spidol permanen hingga memudar.
  5. Ulangi langkah ketiga dan keempat sampai noda tinta spidol permanen hilang sepenuhnya.
  6. Bersihkan permukaan yang terkena cuka dengan kain lembab atau air bersih.

Jika Anda menggunakan cuka untuk menghapus tinta spidol permanen dari kain, pastikan Anda mencuci kain tersebut dengan deterjen setelahnya untuk menghilangkan bau cuka. Jika Anda menggunakan cuka untuk menghapus tinta spidol permanen dari kayu, pastikan Anda mengeringkan kayu tersebut dengan baik setelahnya untuk mencegah kerusakan.

3. Pasta Gigi

Pasta gigi adalah bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang licin, seperti porselen, keramik, atau enamel. Pasta gigi mengandung bahan abrasif yang dapat menggosok tinta spidol permanen dan membersihkannya dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan pasta gigi, misalnya pasta gigi putih biasa atau pasta gigi pemutih gigi.
  2. Oleskan sedikit pasta gigi ke atas sikat gigi bekas atau spons.
  3. Gosokkan sikat gigi atau spons yang telah diolesi pasta gigi ke atas noda tinta spidol permanen dengan gerakan memutar hingga memudar.
  4. Ulangi langkah ketiga sampai noda tinta spidol permanen hilang sepenuhnya.
  5. Bersihkan permukaan yang terkena pasta gigi dengan kain lembab atau air bersih.

Jangan gunakan pasta gigi yang mengandung gel, warna, atau aroma, karena bisa meninggalkan noda baru. Jangan gunakan pasta gigi untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang berpori, karena bisa meresap ke dalam pori-pori dan sulit dibersihkan.

4. Soda Kue

Soda kue adalah bahan yang dapat Anda gunakan untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang keras, seperti batu, beton, atau ubin. Soda kue mengandung natrium bikarbonat yang dapat bereaksi dengan tinta spidol permanen dan mengangkatnya dari permukaan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan soda kue dan air.
  2. Campurkan soda kue dan air dengan perbandingan 3:1 hingga membentuk pasta.
  3. Oleskan pasta soda kue ke atas noda tinta spidol permanen dan diamkan selama 10-15 menit.
  4. Gosokkan pasta soda kue dengan sikat atau spons hingga noda tinta spidol permanen terangkat.
  5. Ulangi langkah ketiga dan keempat sampai noda tinta spidol permanen hilang sepenuhnya.
  6. Bersihkan permukaan yang terkena soda kue dengan kain lembab atau air bersih.

Anda juga bisa mencampurkan pasta gigi dengan soda kue untuk menghasilkan pasta yang lebih efektif untuk menghapus tinta spidol permanen. Caranya sama dengan langkah-langkah di atas, hanya saja Anda perlu menambahkan pasta gigi ke dalam campuran soda kue dan air.

5. Penghapus Ajaib

Penghapus ajaib adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang halus, seperti dinding, pintu, atau lemari. Penghapus ajaib mengandung bahan kimia yang dapat mengikis lapisan tipis dari permukaan dan menghilangkan noda tinta spidol permanen. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Siapkan penghapus ajaib, misalnya Mr. Clean Magic Eraser atau merek lain yang sejenis.
  2. Basahi penghapus ajaib dengan air.
  3. Gosokkan penghapus ajaib ke atas noda tinta spidol permanen dengan tekanan sedang hingga memudar.
  4. Ulangi langkah ketiga sampai noda tinta spidol permanen hilang sepenuhnya.
  5. Bersihkan permukaan yang terkena penghapus ajaib dengan kain lembab atau air bersih.

Jangan gunakan penghapus ajaib untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang berwarna, karena bisa memudarkan warnanya. Jangan gunakan penghapus ajaib untuk menghapus tinta spidol permanen dari permukaan yang berlapis, karena bisa mengelupas lapisannya.

Itulah 5 cara menghilangkan spidol permanen dari berbagai permukaan dengan bahan-bahan rumahan yang mudah didapatkan. Anda bisa mencoba salah satu atau beberapa cara yang sesuai dengan jenis permukaan yang terkena tinta spidol permanen. Namun, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah dengan benar agar tidak merusak permukaan yang Anda bersihkan. Jika Anda merasa kesulitan atau ragu, Anda bisa meminta bantuan orang lain atau profesional yang ahli dalam membersihkan noda tinta spidol permanen.

Demikian artikel kami tentang cara menghilangkan spidol permanen dari berbagai permukaan. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif untuk Anda. Jika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan ke teman-teman Anda yang mungkin membutuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan senang mendengar pendapat Anda. Jangan lupa untuk mengunjungi situs kami untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Terima kasih telah membaca. Sampai jumpa di artikel berikutnya!